Purnama Hilang Diwajah



Jika anda diberi kesempatan untuk bertanya tentang makna hidup dan kehidupan, apa yang akan anda tanyakan?
Mungkinkah tentang keadilan hidup? Atau mungkin tentang arti cinta? Bahkan tidak sedikit yang bertanya tentang arti kehilangan.
Saat kita kehilangan sesuatu atau seseorang yang sangat kita cintai, pertanyaan 'mengapa?' atau 'kenapa?' tanpa kita sadari akan muncul di benak kita.


Apakah dengan kita mengetahui jawabannya, kita pasti akan bahagia dan puas? Atau akan kembali sesuatu yang hilang itu?
Dengan tidak tahu, bukan berarti Allah tidak marah kepada kita Allah maha penyayang. Mungkin saja Allah sengaja melindungi kita dari tahu itu sendiri.
Apapun bentuk kehilangan itu, ketahuilah cara terbaik untuk memahaminya adalah selalu dari sisi 'dia' yang pergi, bukan dari 'anda' yang ditinggalkan. Atau anda tidak akan berhenti bertanya 'mengapa?', 'kenapa?' bahkan bisa mengutuk Tuhan atas kehilangan yang tidak anda ikhlaskan.

Orang-orang yang memiliki tujuan hidup, tidak akan pernah bertanya 'kenapa Tuhan selalu mengambil sesuatu yanng menyenangkan dari hambaNya?'
Kehilangan yang rumit, menyakitkan dan menyedihkan, akan terlihat begitu sederhana dan indah saat kita mampu melihatnya dari sisi yang berbeda.
Ikhlaskan, karena apapun yang terjadi pada diri kita adalah sebab akibat dari dan untuk orang lain.
Raihlah surga dan dunia dengan sederhana, agar kita dapat menikmati janji Allah yang paling indah. Janji menatap wajahNya...